Tuesday, April 22, 2008

homeschooling..

Dear,
mgkn aku udah pernah post ketertarikanku to Homeschooling HS) concept..
artikel ini bikin aku makiinn manteepp..
pernyataan: " A home is not a school. It never has been, and it never will be. And best of all, it never should be!"..bikin aku jd tambah Pede...yaaa, biarpun belum bs HS sec full time, aku tetep semangat mau terus coba setiap ada spare time...
syaratnya..we ( aku n Ais) should enjoy it..:)

this is what they said about the HS system:
The educational system (school concept) was not created to teach children one-on-one, unfortunately. But, your system is designed for helping your children learn, with one-on-one attention. Therefore, your system must work for your children and for the educational goals you believe are important, in accordance with your family’s morals, values, and beliefs.

serruu khan..
well, buat aku sih konsep ini oke banget..intinya, kita jgn sertamerta "menyerahkan" tanggungjawab pendidikan anak2 kita ke tgn org2 yg gak mengenal mereka..right?
yaa, bukan mau mengecilkan peran guru n sekolah...smuanya penting koq...cuma aja, beberapa konsep yg biasa kita dpt di sekolah, buat aku byk gak cocoknya..coba aja baca artikel ini

well, setelah browsing n blogging, kyknya konsep yg paling cocok utk Ais n Aku adalah "Afterschooling"...yaa, as a single mom, aku harus kerja full time n gak bs ngedampingin Ais all day. So, ais tetep sekolah, n kita jalanin HS after school..
caranya?aku coba siapin bahan2 selama aku di kantor..worksheet utk Ais kerjain sepulang sekolah (yaa, klo skrg dia kerjain sebelum TPA atau sesudah Les Baca)..
ya, dgn begitu, biarpun tetep sekolah, tapi point2 yg aku mau n Ais senang pelajarin bs terakomodir..gitchu..

well dgn cara itu, Insya Allah Ais bisa belajar dgn lebih Fun, sesuai dgn minatnya, tanpa paksaan..spt ktnya sherri;
Feel blessed that your children are happily learning, in their own unique styles, in the comfort, safety, and loving environment of their home.

Ayo..semangat bunda...

2 comments:

Anonymous said...

saya berencana membuat homeschooling buat anak saya, tapi itu juga tidak lama, karena hanya sebagai persiapan sekolah formal. Saya masih menganggap sekolah formal itu adalah sekolah yang lebih baik dari sisi sosialisasi dan sisi EQ. Tapi saya juga tidak menafikan keuntungan home schooling. Jadi saya sedang mencari modul/worksheet atau panduan kurikulum untuk anak saya. ada yang tahu? terioma kasih

Ninta said...

Dear Mbak Yanda...
dari yang aku baca (hasil browsing kanan-kiri :)), Homeschooling bisa dilakukan setelah atau sebelum sekolah formal..jd bisa dua2nya tercapai..
so, klo mba berencana untuk mang-home schoolingkan anak mbak sebelum masuk sekolah formal, mungkin aku bs sarankan untuk browsing di situs2 yang ada di blogku ini..(coba lihat di seblah kiri, ada daftar link "Ais's Homeschooling" dan "the homeschoolers"...)well, so far itu semua membantu aku untuk meng-Befor n After Schooling Ais, anakku..

okd, semoga berguna yaa..
oya, aku udah mampir ke "Komunitas Embun"webblog..
seneng bgt punya komunitas yang tujuannya mempotensialkan potensi anak2 kita..Bravo!

semoga selalu sukses yaa..

Salam Home-schooler..
Ninta